Tempat untuk mendapatkan informasi dan petunjuk atas bisnis saham anda

Minggu, 17 Juli 2011

Saham Bank Of America jatuh menembus level $10

Posted by kliniksaham 19.33, under | No comments

Untuk pertama kalinya sejak Mei 2009, saham Bank of America ( BAC ) turun hingga menembus $10. Harga BAC menyentuh harga $9.88 pada perdagangan hari jumat kemarin. ini membuat BAC sebagai satu-satunya saham single digit diantara empat saham bank terbesar di amerika. Saham perbankan turun seiring dengan isu akan krisis eropa dan hasil stress test yang dilakukan kepada bank-bank di eropa. 

Bank of America adalah salah satu bank yang diselamatkan oleh pemerintah pada saat terjadinya krisis tahun 2009 (subprime mortgage) pada waktu itu, tepatnya pada bulan maret 2009 saham BAC jatuh hingga mencapai $3.14. setelah mendapat bantuan, harga saham ini kembali naik hingga $19.48 pada April 2010. setelah itu harga saham mengalami fluktuasi dengan kecenderungan menurun. Dalam 1 tahun terakhir, saham BAC mengalami penurunan hingga 35% dan membuatnya tercatat sebagai saham dengan performa ketiga terburuk pada Standard & Poor's 500 index. Pada jumat kemarin, harga saham ditutup tepat di harga $10, turun 0.7% dalam day trading.

Cassandra Toroian, presiden dan kepala investasi di Bell Rock Capital mengatakan penurunan harga saham ini merefleksikan kecemasan para investor akan masalah keuangan yang dialami oleh Bank of America sebagai imbas krisis 2009 lalu.

Pada bulan Maret lalu, the Federal Reserve tidak memperbolehkan Bank of America meningkatkan dividennya, mengingat ketidakpastian akan seberapa parahnya masalah yang dialami oleh BAC. Ini merupakan peringatan kepada keempat bank terbesar di amerika. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan di antara para investor mengenai apakah bank cukup kuat untuk bertahan pada krisis ekonomi yang akan datang.

Bank of America berada pada tingkat yang lebih buruk dibanding bank besar lainnya seperti JPMorgan Chase & Co. dan Wells Fargo & Co. karena pembelian mortgage yang mencapai $4 miliar pada tahun 2008. nilai itu memang tampaknya kecil bagi bank terbesar di amerika. namun pembelian itu sudah membebani BAC 10 miliar dolar lagi akibat kerugian di Mortgage, denda-denda, pembelian kembali surat-surat hutang, dan litigasi yang mahal.




0 komentar:

Posting Komentar